Tempat anda berbagi ilmu dan pengalaman anda

Rabu, 21 September 2011

Tips membuat Website anda ringan di Browser

Hari ini saya kesel karena untuk masuk ke blog sendiri sangat lama dan berat banget. Memang traffic di office tempat aku kerja lagi high banget. Jadi tak cancel ja untuk buka blog ku sendiri, namun aku mencari cara membuat blog ku menjadi ringan ketika dibuka dari browser. Akhirnya ketemu dan banyak info yang aku dapet dari blog tetangga. Okeh biar cepat, berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk memperingan blog anda :
  1. Gunakan thema atau templete yang ringan saja, serta jangan terlalu banyak gambar. Klo ingin berisi gambar, usahakan ukuran gambar maksimal 50KB saja atau resolusi gambar bisa diperkecil sesuai selera anda saja.
  2. Usahakan jangan memasang iklan banner dan iklan text secara berlebihan. Selain akan memberatkan blog, banyak nya iklan akan membuat pengunjung blog anda menjadi tidak nyaman.
  3. Minimalkan penggunaan animasi dan widget pada blog, alasannya sama dengan no 2. Namun menurut saya kalau tidak ada animasi atau widget, blog anda akan menjadi tidak enak dilihat.
  4. Untuk anda yang suka menggunakan logo atau image untuk header blog anda, usahakan deh pake teks saja seperti blog saya. hehehehe, padahal ga bisa buat.
  5. Bagi anda yang menggunakan wordpress atau CMS lainnya, usahakan halaman depan cukup menampilkan 5 postingan saja atau bisa lebih tapi gunakan fasilitas "read more".
  6. Jangan memasang menu blogroll yang digunakan untuk menampilkan link blog lain.
  7. Periksalah script blog anda karena banyaknya script yang error akan memperlambat loading blog anda dan buang script yang tidak perlu. Anda bisa menggunakan fasilitas http://validator.w3.org/ ini untuk mengecek script blog anda.
  8. Yang terakhir, anda bisa gunakan fasilitas milik om google yaitu Google Wireless Transcoder. Fasilitas ini akan meng-kompresi blog anda sehingga akan terlihat seperti mobile site. Blog anda akan kehilangan jsscript,ads (iklan), dan junk script. Ini merupakan salah satu cara menghemat bandwidth internet anda.
 Sekian info dari saya semoga bermanfaat.

Referensi :
http://www.arkanweb.com
http://kris-tanto.blogspot.com

1 comments:

fauzi mengatakan...

terima kasih om udah mau share...
beginilah indahnya berbagi :)

Posting Komentar