Tempat anda berbagi ilmu dan pengalaman anda

Jumat, 09 September 2011

Ponsel Andorid untuk CCTV

Kemarin liat pak bos (IT Manager ku) setting CCTV di server, dari liat to jadi keingin buat CCTV sendiri dengan ponsel android ku. Tanpa pikir panjang akhirnya langsung meluncur di google, wah ternyata bisa menjadikan android OS sebagai kamera streaming melalui koneksi Wifi menggunakan software IP Webcam.
Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan untuk membuat ponsel android menjadi kamera CCTV.
1. Satu buah ponsel android.
2. Satu buah Laptop atau PC yang dilengkapi Wifi.



Langkah pada Ponsel Android

1. Pergi ke Market, kemudian cari aplikasi dengan kata kunci IP Webcam. Dalam percobaan ini, saya menggunakan aplikasi yang dibuat oleh Pas.




















2. Klik aplikasi tersebut dan instal di ponsel anda.

3. Jalankan aplikasi IP Webcam yang baru diinstal, akan keluar berbagai macam pengaturan. Silahkan untuk mengatur sesuka anda.




















4. Untuk menyalakan camera pilih Start Server yang berada pada bagian paling bawah.




















5. Setelah camera menyala maka akan keluar IP address serta port yang muncul paling bawah. Catat IP dan port tersebut.

Langkah pada Laptop atau PC
1.  Hidupkan Wifi pada laptop atau PC, kemudian koneksikan Laptop atau PC dengan ponsel android. Untuk percobaan yang saya lakukan, ponsel dan laptop saya konek ke Access Point kantor.

2. Buka browser kesayangan anda, kemudian masukkan IP address dan port yang muncul di ponsel anda. Misalkan IP address yang anda peroleh 192.168.201.56 dan portnya 8080, maka tuliskan http://192.168.201.56:8080. Lalu tekan enter, maka akan keluar gambar seperti dibawah ini.














3. Pilih salah satu mode untuk membuka kamera CCTV ini, kalau saya memilih memakai browser dan saya klik "http://192.168.201.56:8080/videofeed". Berikut ini tampilan setelah kamera CCTV dijalankan.














Sekian info tentang ponsel android CCTV, semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar