Tempat anda berbagi ilmu dan pengalaman anda

Rabu, 05 Oktober 2011

Tips Membersihkan Registry Unused di Windows

Registry, dalam platform sistem operasi Microsoft Windows 32-bit, merupakan sebuah basis data yang disusun secara hierarkis yang mengandung informasi mengenai konfigurasi sebuah sistem, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna (sumber : wikipedia).

Registry yang semula sangat bermanfaat pun bisa menjadi masalah yang akibat dari proses uninstall program yang tidak sempurna, driver yang sudah tidak dipergunakan lagi, virus, spyware dan program lain yang tidak jelas manfaatnya. Registry-registry Windows yang tidak terpakai lagi akan menumpuk menjadi sampah registry. Bisa dibayangkan jika registry tersebut banyak mungkin ratusan atau ribuan dan ketika sistem operasi Windows dijalankan, secara otomatis ia akan memanggil semua bagian dari sistem registry termasuk sampah tadi. Nah inilah menjadi penyebab komputer teman-teman menjadi lambat, bahkan terkadang proses shutdown pun lambat.

Untuk membersihkan registry-registry tersebut teman-teman tidak perlu lagi melakukannya secara manual menggunakan regedit yang disediakan oleh Windows, namun teman-teman bisa menggunakan software CCleaner. Dengan menggunakan CCleaner, teman-teman dapat membersihkan seluruh registry yang unused pada PC teman-teman. Biar teman tidak penasaran, silahkan dicoba dengan mendownloadnya disini. Software ini hampir mirip dengan software Revo Uninstaller yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya.

Sekian info dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba teman-teman.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Registry
http://www.blogdokter.net

0 comments:

Posting Komentar