Tempat anda berbagi ilmu dan pengalaman anda

Kamis, 01 September 2011

Upgrade Mikrotik 3.20 ke 3.30 dan nge-crack mikrotik 3.30

Hey teman-teman mau sharing ja ni untuk cara install mikrotik di PC, upgrade dari 3.20 ke 3.30, dan meng-crack mikrotik 3.30. Setelah dua hari mencari-cari caranya akhirnya ketemu juga.

Berikut hal-hal yang harus disiapkan :
1. Download image mikrotik 3.20 + cracknya, kalau tidak punya bisa disini.
2.Selanjutnya download image mikrotik 3.30, kalau tidak punya ambil disini ja.


Langkah Pertama :
Install terlebih dahulu image mikrotik v3.20 pada PC yang sudah disiapkan, centang semua paket kecuali mpls-test, routing-test, dan xen. Selanjutnya tekan Y saja dan enter untuk reboot.


Setelah selesai restart, maka akan keluar Mikrotik login. Isikan dengan "admin" dan password dikosongkan saja. Setting IP untuk mikrotik dengan perintah "ip address add address=192.168.88.1/24 interface=ether1". Untuk IP address yang digunakan terserah teman-teman aja.

Langkah Kedua :
Upload keygen.npk ke mikrotik dengan winbox. Untuk teman-teman yang belum punya winbox bisa download lewat browser teman-teman sekalian dan isikan IP address mikrotik. Buka Winbox, pada Connect To isikan alamat IP address mikrotik, Login diisi "admin", dan password dikosongkan. Selanjutnya klik Connect ja.
Setelah teman-teman masuk ke mikrotik, klik Files maka muncul window baru. Drag paket keygen.npk dari folder mikrotik 3.20 ke jendela baru tersebut.


Setelah paket keygen.npk ter-upload, reboot mikrotik agar paket terinstall. Setelah mikrotik selesai di reboot, pastikan paket keygen.npk sudah hilang dari jendela Files, kalau belum berarti paket belum terinstall.

Langkah Ketiga :
Melakukan proses generate key dengan menggunakan Command Prompt. Pastikan PC teman-teman sudah terhubung dengan PC mikrotik. Buka Command Prompt pada PC teman-teman, kemudian drag ssh.exe yang ada di folder mikrotik 3.20 ke Command Prompt dan dilanjutkan dengan IP address mikrotik.
Kemudian ketik "roskey /dev/sdX 7PEZ-EYN". Perlu dipastikan teman-teman untuk SDX itu untuk SATA dan HDX untuk ATA, sedangkan X pada sdX atau hdX itu bisa diganti a,b,c,d,..dll.


Tunggu ja sampai keluar tulisan ID 7PEZ-EYN work fine !!!. Klo saya kira-kira nunggu sampai 1 jam. Klo sudah keluar, langsung di OFF Power PC Mikrotiknya, klo di restart atau reboot, maka ID nya akan berubah lagi.
Setelah ni, teman-teman mw upgrade versi mikrotiknya ato ga? Klo YA lanjut ke Langkah Keempat dan klo TIDAK langsung ke Langkah Kelima.

Langkah Keempat :
Pada tahap ini cuma ganti image mikrotik 3.20 dengan mikrotik 3.30 dan ikuti Langkah Pertama.

Langkah Kelima :
Hidupkan kembali PC mikrotik, login ke mikrotik dengan winbox. Kemudian cari System --> License, maka akan keluar window license dan disana teman-teman akan lihat Software ID nya. Klik Impor Key..., kemudian cari key yang sesuai dengan Software ID di folder Mikrotik 3.20, dan klik open. Setelah berhasil memasukkan key-nya, maka mikrotik akan meminta untuk di reboot.

Sekian info dari saya buat teman-teman yang membutuhkan, selamat mencoba.

2 comments:

Unknown mengatakan...

kalu keygen nya ga ilang gimana mas cara install nya

Duandwi mengatakan...

tolong di cantumkan spek pc yang di pakai sebagai router soalnya saya pakai p1 kok lama amat ngecracknya trims

Posting Komentar